Sabtu, 03 November 2012

Tugas Bahasa indonesia 2 (Tugas 2)


Tugas Bahasa indonesia 2 (Tugas 2)
Nama Kelompok :
1.     Amanda Fajriyah          (20210595)
2.     Dessy Lestari                (21210848)
3.     Winda Riansyah            (28210531)

Salah satu bentuk esei kritik ialah tinjauan buku. Kalian harus menemukan buku penunjang dalam bidang Akuntansi (buku populer). Untuk tugas ini, kalian harus membedakan antara tujuan tinjauan dan tujuan buku tersebut. Jadi tugas kalian ada 2, yaitu apa tujuan kalian melakukan tinjauan buku X dan apa tujuan penulis menyusun buku tersebut. Selanjutnya, tugas kalian adalah:
1. jelaskan apa tujuan esei kritik tinjauan buku tersebut.
2. tujuan penulis buku tersebut.
Kalian harus memberikan rangkuman buku dan memberikan kesimpulan bahwa buku tersebut baik untuk dibaca atau tidak untuk dibaca.
Jawab :
TEORI AKUNTANSI
BUKU EDISI 1,SOFYAN SYAFRI HARAHAP, B.S.Ac., S.E., AKUNTAN., M.S.Ac., Ph.D.
PENERBIT RAJAWALI PERS
Rangkuman buku pengantar akuntansi
Sifat dasar akuntansi
Dalam teori akuntansi ada elemen teori akuntansi yang menunjukkan tujuan laporan keuangan, postulat, konsep akuntansi serta prinsip dan teknik atau standar akuntansi. Teori akuntansi itu lahir dari praktik akuntansi yaitu tujuan dibuatnya laporan keuangan. Dalam APB Statement No. 4 dijelaskan beberapa sifat dan elemen dasar dari akuntansi (keuangan) sebagai berikut :
1.     Accounting entity.
Dalam menyusun informasi akuntansi maka yang menjadi focus pencatatan akuntansi adalah entity atau lembaga, unit organisasi tertentu yang harus jelas sebagai suatu entity yang terpisah dari badan atau entity yang lain.
2.     Going concern
Dalam menyusun atau memahami laporan keuangan harus dianggap bahwa perusahaan (entity) yang dilaporkan akan terus beropasi dimasa-masa yang akan dating, tidak ada sama sekaliasumsi bahwa perusahaan atau usaha ini akan bubar.
3.     Measurement
Akuntansi adalah sebagai alat pengukuran sumber-sumber ekonomi (economic resources) dan kewajiban (liability) beserta perubahannya yang dimiliki perusahaan. Akuntasi mencoba mengukur nilai suatu aset, kewajiban, modal, hasil, dan biaya.
4.     Time period
Laporan keuangan menyajikan informasi untuk suatu waktu tertentu, tanggal tertentu, atau periode tertentu. Neraca menggambarkan nilai kekayaan, utang, dan modal pada saat atau pada tanggal tertentu. Laporan laba rugi menggambarkan informasi hasil (pendapatan dan biaya) usaha pada periode tertentu. Sedangkan laporan arus kas menggambarkan informasi arus kas masuk dan keluar pada periode tertentu.
5.     Judgment
Dalam menyusun laporan keuangan banyak diperlukan pertimbangan-pertimbangan akuntan atau manajemen berdasarkan keahlian atau pengalaman yang dimilikinya.
6.     Materiality
Laporan keuangan hanya memuat informasi yang dianggap pentingdan dalam pertimbangan yang dilakukannya tetap melihat signifikannya.
Buku akuntansi yang beredar dengan penyajian bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, dan lebih dekat dengan kebutuhan kita di tanah air, masih tergolong langka. Yang sudah banyak beredar merupakan buku-buku saduran dan terjemahan.
Buku teori akuntansi ini membahas mengenai akuntansi islam, akuntansi social ekonomi, akuntansi sumber daya manusia, akuntansi internasional, tren dalam akuntansi dan riset akuntansi, secara komprehensif. Keberagaman pembahasan mengenai akuntansi tersebut biasanya ditulis sebagai satu kesatuan sehingga memberikan asupan yang lebih lengkap bagi mereka yang sedang belajar atau mereka yang pekerjaannya sebagai tenaga ahli akuntansi, bisnis, keuangan dan ekonomi.


1.   Tujuan tinjauan buku tersebut
-          Untuk menyelesaikan tugas softskill bahasa Indonesia 2
-          Buku ini kami tinjau dikarenakan isi materi buku “teori akuntansi” tersebut untuk menambah wawasan dan ilmu mencakup secara luas dan secara efektif
-          Karena kegiatan-kegiatan ini membutuhkan keputusan-keputusan yang didasarkan pada data keuangan dan pengetahuan akan teori akuntansi

2.   Tujuan penulis buku tersebut
Tujuannya untuk penambahan informasi pada hampir seluruh bab khususnya pada bab sejarah akuntansi, akuntansi islam dan tren akuntansi. Ada juga bab yang diperkembangkan seperti bab laporan keuangan, model penilaian dan penentuan laba yang diubah menjadi akuntansi inflasi. Kemudian  ada bab baru yang muncul seperti akuntansi inflasi, akuntansi sumber daya manusia, dan akuntansi internasional.
Kritik dan sarannya sehingga buku ini lebih relevan dengan kasus kita diindonesia dan lebih mudah dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar